To Share To Serve To Succeed



 

PROF WANG MENGUNDANG PEMBICARA TERNAMA TAN SHENG JIE UNTUK MEMBERIKAN KIAT PELAYANAN, AGAR SELURUH APOTEKER DAN CUSTOMER SERVICE MEMBERIKAN SENYUMAN D


0325
2024

Dalam bidang MLM umumnya, perusahaan biasanya hanya mengadakan pelatihan kepada para mitra bisnisnya, dan kebanyakan mitra bisnisnya harus membayar untuk ikut kelas tersebut. Sedikit perusahaan yang mengeluarkan biaya besar mengundang pembicara untuk membawakan kelas kepada staf customer service di perusahaan tersebut.
Tanggal 4 Maret 2024, Prof Wang mengundang pembicara dalam industry MLM yang sangat diandalkan yaitu Tan Sheng Jie untuk membawakan kelas pelatihan kepada seluruh apoteker dan staf customer service TS agar mereka lebih jelas mengenai posisi dan nilai mereka, dan juga lebih bertekad sebagai peran garis pertama menggunakan senyuman dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh customer.
Sebelum kelas dimulai, Prof Wang menegaskan bahwa CS adalah kunci utama dalam hubungan antara perusahaan dan customer, perusahaan dan BP.
Beliau berkata: CS adalah garis pertama dimana ekspresi wajah dan sikap perilaku kalian mewakili perusahaan. Dan kalian adalah orang yang menyelesaikan masalah, bukan yang menemukan masalah. Kalau ekspresi wajah kalian cemberut, customer tentu tidak akan menjadi customer yang baik, prestasi kalian juga tidak akan bagus. Kalau kalian ramah senyum, menjadikan setiap orang sebagai customer baik dan calon downline yang baik, maka kalian akan memiliki banyak customer baik.
Terhadap CS dan apoteker yang sering menghadapi kondisi tawar-menawar dan perhitungan, Prof berkata produk TS dan Hepanamin memiliki harga yang paling adil di pasaran. Contoh Hepanamin, selisih harga dari pabrik dan harga jual sangat kecil, sama sekali tidak menguntungkan, saudara jual Hepanamin kepada customer adalah membantu livernya menjadi sehat dan bukan mengambil untung dari dia. Saya tidak akan membuat kalian menjual produk dengan rasa bersalah.
Prof Wang menganggap saat seorang CS melayani customer sampai customer tersebut ingin menjadi mitra bisnis, ini adalah CS yang berhasil. Dan jika seorang CS yang selalu merasa masalah customer adalah hal yang menyebalkan dan melelahkan, maka itu bukan CS yang berhasil.
Tentu menjadi CS di sebuah perusahaan MLM ada hubungan langsung antara apakah bisa memberikan pelayanan terbaik dan apakah memahami jelas isi hati dan permintaan mitra bisnis. Ini adalah alasan mengundang pembicara pelatihan terhadap mitra bisnis dan leader Tan Sheng Jie untuk datang membantu para apoteker dan CS. Prof Wang berkata kelas hari ini bertujuan agar kalian lebih memahami apa yang diinginkan, apa yang dipikirkan oleh konsumen dan leader.
Tan Sheng Jie di dalam kelasnya berkata bahwa demi mempersiapkan kelas ini beliau jam 6 pagi baru tidur.
Di dalam kelasnya selain membicarakan mengenai struktur organisasi, penjualan, pelayanan, beliau juga mengumpamakan industry MLM dengan teori filosofi 2000 tahun yang lalu, menggunakan analisa yang melampaui ruang dan waktu dalam membawakan kelasnya.
Setelah kelas beliau berakhir, Prof Wang mengundang peserta kelas untuk naik panggung memberikan kesan dan pesan. Di satu sisi untuk mendengar hasil dari pembelajaran, di sisi lain juga mendengar ide dan permintaan dari peserta kelas agar tidak menyalahartikan maksud dan tujuan dari pelajaran yang diberikan oleh pengajar.
Contoh ada beberapa CS dan apoteker yang menyebutkan kata nyaman, tapi ada beberapa orang yang menggunakan sudut pemikiran yang biasa dalam mengartikan kata nyaman. Terhadap pemikiran seperti ini, Prof Wang tidak setuju. Prof menganggap bahwa tidak peduli CS, apoteker atau departemen lain perlu untuk memberikan tekanan kepada diri sendiri, beliau menegaskan: jika kamu merasa nyaman dan santai terhadap pekerjaan kamu sendiri, maka saya akan menjadi tidak nyaman.
Berikut adalah beberapa kesan dan pesan yang dibagikan oleh peserta kelas:
1. Apoteker Luo Zheng Wu: banyak orang yang lalu lalang di depan apotik tapi apakah mereka akan menjadi customer tergantung bagaimana kita menarik rasa penasaran mereka. Sangat penting untuk dapat menarik mereka masuk.
Prof Wang mendukung ide ini dan mendorong agar dapat menciptakan kreatifitas dalam batas tidak melanggar hukum, dan untuk membuat orang umum menjadi customer beliau menetapkan aturan semua pintu apotik dalam keadaan terbuka agar pejalan kaki yang lewat tidak memiliki hambatan untuk masuk dalam apotik.
2. CS di Miaoli, Elena: saya belajar bagaimana memperlakukan customer dengan lebih lembut dan menganggap customer sebagai keluarga
3. CS di Chiayi, Eason menggunakan sudut pandang antusias dalam mengartikan kata nyaman: memiliki perasaan nyaman dalam memperlakukan semua customer agar tetap mempertahankan ekspresi senyum dan membuat customer juga menjadi nyaman. Tidak peduli masuk dengan ekspresi apapun, customer keluar dengan wajah tersenyum, kemudian tidak peduli datang membawa berapa banyak uang di kantong, akan meninggalkan uang untuk membeli produk.
4. CS Global, Joy: saya belajar bagaimana rahasia damai membawa uang, walaupun ada bentrok antara pekerjaan dan permintaan tetap harus berusaha keras untuk win solution. Terkadang kita tidak tahu bagaimana untuk menjawab pertanyaan customer, tapi kita boleh menenangkan customer terlebih dahulu dan beritahu kepada customer pertanyaannya akan kita catat untuk nanti ditanyakan.
5. Apoteker yang juga sudah masuk ke dalam struktur organisasi, Chen Ying Rui berkata: apa yang saya pelajari di dalam kelas membuat saya mendapatkan pengakuan dari customer dan di saat customer sudah memberikan pengakuan, saya akan memegang kesempatan ini, membagikan satu gelas kepada customer dan menjelaskan mengenai produk kita kepada customer. Dengan adanya cara ini, tim saya juga pelan-pelan bertumbuh.
6. Prof juga mengundang President yang ikut belajar untuk membagikan kesan dan pesan, CP Qiu Rui Jing mengungkapkan beberapa isi hati para leader: saya sangat yakin dengan CS kita tapi sebagai seorang pelaku usaha yang sering berada di luar, saya tahu yang paling dirasakan oleh member dan BP kita adalah apakah saudara peduli dengan masalah mereka.
7. CP You Ya Jun menegaskan bahwa CS harus memiliki sikap dan senyum yang lebih baik lagi, beliau berkata: karena tinggi badan para CS lebih tinggi, dalam menghadapi member yang tinggi badan tidak terlalu tinggi, terkadang kalian boleh berdiri untuk menyapa mereka.
8. Pendapat CP Xue Hui Zhen kurang lebih sama dengan pendapat CP Qiu Rui Jing, tapi beliau memiliki pemikiran yang lebih spesifik: kami sering berada di luar dan para CS berada di dalam, yang paling kami perhatikan adalah apakah kami boleh tenang menyerahlan member kami kepada para CS yang berada di dalam.
9. Dikarenakan banyak CS yang berkata tidak bisa menangani masalah dan permintaan para customer dan perlu ditanyakan lagi kepada atasan mereka, Prof Wang berkata: banyak dari kalian yang sudah bekerja selama 7, 8, 10 tahun, kalian pasti paham prinsip besar perusahaan. Jadi mulai sekarang saya memutuskan memberikan ruang lebih besar untuk kalian mengambil keputusan, dan di saat kalian mampu menyelesaikan masalah secepat mungkin, ini adalah tanggungjawab kalian dan saya tidak memarahi kalian.
Awal mula kelas pelatihan ini, ada sebagian CS dan apoteker yang tidak mengerti mengapa mereka harus ikut kelas ini dan kelas apa yang akan mereka datangi? Tapi setelah kelas berakhir, jelas terlihat banyak perubahan yang terjadi di dalam hati para CS dan apoteker. Memutuskan untuk memberikan senyuman dan pelayanan terbaik, menjadikan setiap customer sebagai customer terbaik, serta bertanggungjawab dalam menyelesaikan masalah secepat mungkin.

PROF WANG MENGUNDANG PEMBICARA TERNAMA TAN SHENG JIE UNTUK MEMBERIKAN KIAT PELAYANAN, AGAR SELURUH APOTEKER DAN CUSTOMER SERVICE MEMBERIKAN SENYUMAN D-1

PROF WANG MENGUNDANG PEMBICARA TERNAMA TAN SHENG JIE UNTUK MEMBERIKAN KIAT PELAYANAN, AGAR SELURUH APOTEKER DAN CUSTOMER SERVICE MEMBERIKAN SENYUMAN D-2


  


Back to Top
Global Site

Thailand


KEBIJAKAN PRIVASI   |   KPPI   |  APLI 


RUKO GSA BLOK C NO.9 AM-AN PODOMORO CITY CENTRAL PARK
JL. LETJEN S PARMAN RT/RW.12/06 JAKARTA BARAT 11470    
TEL : 02-29206388/89   
HP/WA : 0811-1398-379   
email : totalswiss.cs@gmail.com


Copyright © 2024 Total Swiss Indonesia All Rights Reserved.